Punya Motor Matik? Beberapa Part Ini Harus Ganti Diusia 5 Tahun Lebih.
Kangandi - Makin hari makin bertambah pupolaritas sepeda motor matik, pasalnya selain nyaman juga enteng hanya tarik gas sama res saja tidak perlu ganti-ganti gear dan kopling, hampir sebagian masyarakat yang mengandalkan skuter matik ( skutik) sebagai kendaraan andalannya untuk beraktivitas sehari-hari. Dengan pemakaian harian, skutik yang sudah berusia lima tahun biasanya mulai bermasalah.
Sebab, pelumas-pelumas yang ada pada mesin dan komponen lainnya sudah perlu diganti, mulai dari pelumas mesin, minyak rem, oli gardan, dan cairan radiator bagi yang sudah berpendingin cairan seperti Honda PCX, ADV atau Vario 150.
$ads={1}
Bagi skutik yang sudah melewati jarak tempuh 16.000 Km atau 1,5 tahun sejak servis terakhir, perlu juga untuk melakukan pergantian saringan udara dan kanvas rem depan dan belakang.
"Pada usia lima tahun, motor juga sudah perlu untuk mengganti aki. Apalagi, jika sudah menempuh 30.000 km atau berusia tiga tahun," ujar Cipto, Kepala Bengkel AHASS Murni Subaja Mas (MSM) beberapa waktu lalu.
Cipto menambahkan, komponen yang tak kalah penting untuk diganti adalah v-belt. Sebaiknya, komponen tersebut diganti tiap 24.000 km. V-belt ini ibarat rantai pada motor sport atau motor bebek.
"Jika sudah memasuki usia lima tahun, komponen di bagian mesin juga perlu diperhatikan. Biasanya, sudah ada komponen yang mulai melemah, seperti piston kit, valve kit, rantai mesin, seal-seal, gasket, dan lainnya," kata Cipto.
Untuk CVT, menurut Cipto, sebaiknya diganti juga bagian kampas kopling, pulley depan, dan pulley belakang. Selain itu, penting juga untuk mengganti saringan pada pompa bahan bakar, agar saluran bahan bakar ke injektor bisa tetap lancar.
Itulah beberapa part yang harus diganti pada skuter milik anda jika sudah mencapai usia lima tahun lebih. Ibarat manusia itu udah udzur sudah pada lemah. Semoga bermanfaat....
Post a Comment for "Punya Motor Matik? Beberapa Part Ini Harus Ganti Diusia 5 Tahun Lebih."